Menjual Bisnis – Seorang Pialang Bisnis Membahas 10 Kesalahan Umum yang Dilakukan Penjual

Posted on

Menjual bisnis adalah salah satu peristiwa paling penting yang terjadi dalam kehidupan seorang pemilik bisnis. Dalam banyak kasus, bisnis mewakili sebagian besar kekayaan bersih pemilik bisnis. Sebagai pialang bisnis di New Jersey, saya bertemu dengan banyak pemilik bisnis yang mencoba menjual bisnis mereka sendiri. Dalam situasi lain, pemilik menelepon saya sebelum menjual karena mereka merasa mereka membutuhkan pialang bisnis yang berpengalaman. Dalam kedua kasus saya sering melihat banyak kesalahan yang harus diperbaiki sebelum pergi ke pasar. Berikut ini adalah 10 kesalahan umum yang dilakukan pemilik bisnis ketika menjual bisnis.

* Tidak merencanakan masa depan paska penjualan. Saya selalu menyarankan kepada klien saya bahwa mereka berbicara dengan penasihat keuangan mereka sebelum menjual bisnis mereka. Mereka perlu memahami seberapa banyak mereka akan pergi setelah pajak dan cukup untuk pensiun atau mendukung gaya hidup mereka.

* Tidak bertemu dengan pialang bisnis. Bekerja dengan pialang bisnis bukan untuk semua orang, tetapi ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan informasi tentang cara menjual bisnis Anda. Sebagian besar pialang bisnis dapat memberi Anda informasi spesifik industri termasuk panduan penilaian. Itu juga tidak dikenakan biaya apa pun.

* Penilaian realistis. Terlalu banyak pemilik bisnis yang terlalu menilai atau menilai perusahaan mereka. Di bawah penilaian akan meninggalkan uang di atas meja sementara lebih dari penilaian akan mengurangi jumlah pembeli yang melihat bisnis Anda.

* Pencatatan Keuangan. Banyak pemilik bisnis memiliki catatan keuangan yang buruk yang akan berdampak pada penjualan bisnis mereka. Sebagian besar pembeli serius ingin melihat catatan keuangan menyeluruh dari sebuah bisnis. Keuangan ini akan diperlukan untuk membenarkan harga yang disepakati.

* Kerahasiaan. Mayoritas pemilik bisnis yang menjual bisnisnya tidak ingin karyawan, pelanggan, vendor, dan pesaing tahu bahwa mereka akan dijual. Namun, banyak yang tidak menggunakan perjanjian kerahasiaan dan tidak mengambil tindakan pencegahan sampai terlambat.

* Sewa real estat. Salah satu alasan terbesar transaksi gagal adalah karena masalah dengan sewa real estat. Beberapa penjual berasumsi bahwa pembeli akan membeli bisnis dengan sisa waktu 2 tahun. Penjual lainnya beranggapan tuan tanah mereka akan menulis sewa baru pada tingkat yang wajar tanpa memeriksa dengan pemiliknya.

* Potensial. Begitu banyak pemilik bisnis berpikir mereka dapat meyakinkan pembeli untuk membayar lebih mahal untuk potensi. Saya mendengar sepanjang waktu dari penjual bahwa jika pembeli akan membuat beberapa perubahan, penjualan akan meledak. Pembeli akan membayar berdasarkan kinerja historis bisnis dan mereka tidak akan membayar Anda untuk apa yang dapat mereka lakukan untuk bisnis Anda.

* Merencanakan penjualan dengan karyawan kunci. Di banyak bisnis kecil ada beberapa karyawan kunci yang diperlukan untuk kelancaran transisi. Karena kerahasiaan beberapa penjual tidak akan membahas penjualan dengan karyawan ini. Dalam banyak kasus, ini dapat menjadi masalah besar ketika saatnya untuk menutup penjualan.

* Menyembunyikan informasi. Beberapa penjual yakin bahwa mereka dapat menyembunyikan beberapa informasi negatif tentang bisnis mereka dari pembeli. Sebagai pialang bisnis, saya selalu memberi tahu klien saya bahwa tidak ada rahasia yang tidak akan ditemukan oleh pembeli. Karena sejumlah besar informasi yang tersedia di internet pembeli sangat canggih dan akan mengetahui semuanya selama due diligence. Mengapa tidak mengungkapkan informasi ini di depan sehingga Anda tidak memiliki kekecewaan di bagian akhir.

* Pembiayaan penjual. Banyak pemilik bisnis tidak mau mempertimbangkan pembiayaan penjual dan dalam banyak kasus ini bisa menjadi kesalahan. Saya membahas ini secara mendalam di artikel sebelumnya. Dengan menawarkan pembiayaan penjual, Anda akan meningkatkan kumpulan pembeli yang akan membantu meningkatkan harga jual.

Daftar ini tidak lengkap, tetapi mencakup banyak kesalahan umum yang dilakukan pemilik ketika menjual bisnis mereka. Pialang bisnis yang berpengalaman akan membantu Anda menghindari kesalahan ini.